Sabtu, 03 Maret 2012

Tahapan Perkembangan Bermain AUD

TAHAPAN PERKEMBANGAN BERMAIN
 PADA ANAK USIA DINI 

MAKALAH
 

 Untuk memenuhi tugas mata kuliah
 Bermain dan Permainan AUD yang dibina oleh Bapak I Wayan Sutama 

 Oleh: 
 Septi Asmawati 109154425254 







  UNIVERSITAS NEGERI MALANG 
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN 
JURUSAN KEPENDIDIKAN SEKOLAH DASAR DAN PRASEKOLAH 
PRODI PG PAUD OFFERING B 
 Januari 2012 




BAB I
 PENDAHULUAN



 1.1 LATAR BELAKANG MASALAH 

            Stimulasi sangat penting bagi anak usia dini. Karena dengan stimulasi, perkembangan anak akan lebih cepat berkembang dibandingkan dengan anak yang kurang atau bahkan tidak mendapatkan stimulasi. Selain itu, stimulasi juga berfungsi sebagai penguat yang bermanfaat bagi perkembangan anak pada masa depannya nanti. 
             Stimulasi adalah suatu upaya orang tua untuk merangsang perkembangan anak yang dilakukan sejak lahir dengan mengajak anak bermain dalam suasana penuh gembira dan kasih sayang. Bagi mereka permainan membuat potensi mereka terangsang dengan seimbang karena anak merasa senang belajar seraya bermain. Sehingga anak tidak merasa kesulitan dalam belajar dan mereka tidak akan cepat bosan. 
         Bermain merupakan kegiatan yang dilakukan anak secara berulang-ulang demi kesenangan tanpa adanya tujuan dan sasaran yang hendak dicapai. Anak dibawah 6 tahun mempunyai masa bermain yang cukup panjang. Apapun yang dilakukan anak dapat menimbulkan kesenangan. 
           Bermain ialah dunia main bagi anak usia pra sekolah dan menjadi hak pada anak untuk dapat selalu bermain. Sebab masa mereka memang hanya untuk bermain. Melalui bermain anak dapat memetik beberapa manfaat antara lain adalah terpenuhinya segala aspek perkembangan. Aspek tersebut dapat meliputi aspek fisik motoric, kecerdasan, social, emosional dan kedisiplinan. Dalam bermain anak dapat mengasah kekuatan dan ketrampilan fisik, imajinasi, berpikir dan bersosialisasi. Sebab dengan bermain maka anak spontan dan langsung akan menggunakan benda-benda sekitar dan lingkungan sekitar untuk diajak bermain. Kegiatan di luar ruangan bisa menjadi pilihan yang terbaik karena dapat menstimulasi perkembangan otot.( CRI ;1997). Oleh karena itu, jika stimulasi ini dilakukan dengan optimal dan tepat akan sangat membantu perkembangan ketrampilan motorik anak dengan optimal. 
 Namun perlu diketahui juga, bahwa dalam bermain ada tahap-tahap perkembangan bermain yang perlu diperhatikan berdasarkan usia anak usia dini dan berdasarkan tahap-tahap perkembangan anak. Hal ini dimaksudkan agar perkembangan pada anak dapat tumbuh optimal sesuai dengan tahap perkembangan anak tersebut. 
      Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka penulis ingin menelaah tentang bagaimana tahap-tahap perkembangan bermain pada anak usia dini. 

 1.2 RUMUSAN MASALAH
 Berdasarkan latar belakang masalah di atas maka masalah yang timbul dapat di rumuskan sebagai berikut:
 1. Apa saja tahap perkembangan bermain pada anak usia dini?

 1.3 TUJUAN MASALAH 
Adapun tujuan penulisan makalah ini adalah:
 1. Untuk mengetahui tahap perkembangan bermain pada anak usia dini







 DAFTAR PUSTAKA 


Sujiono, Yuliani Nuraini. 2009. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT.INDEKS 
Hariwijaya,Bertiani. 2009. PAUD Melejitkan Potensi Anak dengan Pendidikan Sejak Dini. Yogyakarta: Mahadika Publishing.
Http:// Bermain dan Kreativitas Anak Usia Dini. « Devi Ari Mariani.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar